Laman

Monday 17 February 2014

Cara Enkripsi File

Cara Enkripsi File menggunakan Browser
Apakah Anda sering berkiriman file keteman sekantor atau orang lain dan tidak ingin diketahui orang yang tidak berkepentingan? Salah satu syaratnya adalah mengenkripsi file yang ingin di kirim. Isu perlindungan file ini masih terus hangat karena penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat pada masyarakatnya sendiri dan ke banyak Negara yang lain membuat orang-orang was-was. Mungkin memang sulit menghindari penyadapan dari Negara, apalagi Negara sebesar AS. Tetapi paling tidak dengan cara enskripsi file, Anda telah melakukan perlindungan terhadap file Anda.
Memang pemerintah AS mungkin tidak peduli dengan data Anda tetepi saingan bisnis, saingan pekerjaan, saingan atau lawan lainnya sepertinya peduli dengan data yang Anda punya. Layanan ini juga bisa Anda jadikan untuk menyimpan file penting di komputer Anda agar suatu waktu bila komputer Anda hilang atau digunakan orang lain, data tersebut tetap aman.

File Lock
File Lock adalah layanan enkripsi file yang fantastis yang berjalan dengan teknologi HTML5, bahkan tidak perlu memasang plugin ke browser Anda. Hal yang Anda perlukan hanya mengunjungi website mereka, pilih file yang mau dienkripsi (bisa juga lebih dari satu file), masukkan password dan klik tombol Encrypt. Tunggu beberapa detik maka browser Anda telah mengenkripsi filenya (untuk file berukuran 100Kb kebawah, situs ini hanya membutuhkan 1 detik mengenkripsinya). Mudah, sederhana dan praktis.
Semua tipe file bisa di enkripsi melalui situs ini namun mereka menyarankan agar tidak mengenripsi terlalu banyak file atau file dengan ukuran besar. Mereka menyarankan untuk 30MB saja. Tetapi, Paseban uji coba mengenripsi software berukuran 50MB, situs ini tetap mengenkripsinya dengan baik. Kalau Anda ingin mengenripsi file dengan ukuran yang besar atau jumlahnya banyak, situs ini menyarankan untuk menggunakan program seperti TrueCrypt.

Rekomendasi dari situs ini, bila Anda sudah mengenkripsi file maka hapuslah file aslinya. Secara logika, untuk apa Anda menyimpan file enrkripsian bila file aslinya ada di folder yang lainnya. Itu sama saja tidak berguna.

Securesha.re
Pilihan lain untuk mengenkripsi file melalui situs adalah Securesha.re. Mungkin Anda agak asing dengan nama domainnya, .re. Ini adalah domain Perancis dan cukup terpercaya. Situs ini melakukan lokal enkripsi melalui peramban Anda dan juga memperbolehkan Anda mengunggah file. Anda mengenkripsi dengan password yang dipilih atau secara acak dan kemudian menyediakan tautan yang aman yang memperbolehkan orang lain atau Anda sendiri mengunduh file tersebut.
Pada dasarnya, situs ini bukan hanya sekedar enkripsi file saja. Situs sharing file ini melakukan empat hal yang penting.
Mengenkripsi file yang ingin Anda share
Mengunggah file ke situs ini
Penerima bisa mendownload dari tautan yang mereka berikan
Peramban penerima mendekripsi file local sebelum menyimpan file tersebut
Jadi, ini tidak hanya menyediakan layanan mengenkripsi file tetapi juga mewadahi kita untuk berbagi ke orang lain. Anda juga bisa mengatur berapa banyak View atau berapa hari umur file (Days, maksimal 7 hari). Setelah semua itu terpenuhi maka file akan dihancurkan dari server. Ada keuntungan dan kerugian dari proses penghancuran ini. Keuntungannya, file tersebut akan lebih aman karena keterbatasan yang bisa melihat. Jadi, bila Anda hanya ingin membagi file tersebut ke lima orang saja setelah semua melihat maka file akan hancur. Begitu juga dengan umur hari. Keuntungan juga ada di server, server tidak akan penuh oleh file-file dari Anda. Kerugiannya, Anda tidak bisa lagi melihat file tersebut. Jadi, rekomendasi file Lock untuk menghapus file asli di sini tidak disarankan. Anda harus tetap punya yang asli.

No comments:

Post a Comment